KOMPETENSI DASAR
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
BAB II
Iklan, Sarana Komunikasi
(Sumber: www.techno.id)
Dalam bab sebelumnya, kita sudah mendalami teks berita dari berbagai media. Ketika mengikuti berita, baik itu melalui media cetak maupun elektronik, kita tidak bisa lepas dari yang namanya iklan. Beragam iklan dapat kita saksikan hampir setiap saat. Tujuannya untuk membujuk dan memengaruhi pembaca atau pendengar untuk berbuat sesuai dengan yang dikehendaki iklan itu.
Sebagaimana yang dapat kamu baca di surat kabar ataupun kamu tonton di layar televisi dan di internet, tidak sedikit iklan yang susah dipahami artinya. Dengan cara berdiskusi, kita bisa memberikan pendapat dan tafsiran tentang hal-hal yang tidak kamu pahami.
Iklan merupakan salah bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kamu sebagai anggota masyarakat terbujuk untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu.
A. Menetukan Unsur-unsur Iklan, Slogan, atau Poster
Setelah mempelajari materi ini, kalian diharapkan mampu menjelaskan pengertian,fungsi, serta dapat mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan,slogan, atau poster dari berbagai sumber.
1. Pengertian dan fungsi iklan,slogan, atau poster
Perhatikan gambar berikut
(sumber: aboutme.blogspot.com)
Kamu sudah memaklumi bahwa teks di atas disebut iklan. Teks tersebut bermaksud mengajak para pelajar dan masyarakat pada umumnya untuk lebih gemar membaca guna meraih prestasi. Dengan iklan tersebut, diharapkan khalayak dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana pengembangan kecerdasan dan pemberdayaan bangsa.
Dengan karakteristik seperti itu, iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Unsur yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata atau suara.
2. Ciri-ciri Iklan
a. Komunikatif
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunikatif maksudnya ialah keadaan saling atau bisa berhubungan (mudah dihubungi) dengan produk atau jasa yang di Iklankan mesti mudah dipahami dan dimengerti oleh masyarakat.
b. Informatif
Informatif maksudnya bersifat memberi informasi iklan harus menerangkan mengenai produk atau jasa yang diiklankan.
c. Menarik
Menarik maksudnya bisa mempengaruhi atau memberi rangsangan tertentu kepada banyak orang sehingga orang itu mau mencoba dan memiliki apa yang ada pada iklan itu
d. Bahasa mudah dimengerti
Iklan mesti memakai bahasa yang mudah pahami dan di mengerti sebab memang iklan sendiri tujuannya supaya orang ingin dan mau mencoba serta memakai produk atau jasa yang diiklankan.
e. Bersifat mengajak
Bersifat mengajak maksudnya iklan yang mesti mempunyai sifat-sifat mengajak di sela kata-katanya ini bertujuan supaya dapat menarik simpatik banyak orang untuk mencoba serta memakai apa yang diiklankan.
3. Jenis-jenis iklan berdasarkan isinya
a. Iklan penawaran (niaga)
Iklan Penawaran merupakan iklan yang bertujuan menawarkan sebuah produk atau jasa kepada masyarakat. Berikut adalah contohnya:
Iklan penawaran barang (produk), contohnya iklan sepatu, pakaian, handphone, motor, dan lain-lain. Penawaran jasa, contohnya iklan jasa ojek online, iklan klinik, iklan jasa pengantaran barang dan lain-lain.
b. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk memberikan pencerahan tentang sesuatu hal. Biasanya iklan jenis ini disampaikan oleh instansi atau lembaga pemerintah dan organisasi non-profit contohnya lembaga swadaya masyarakat. Iklan layanan masyarakat dirancang supaya masyarakat memiliki kesadaran pada sebuah hal tertentu. Misalnya, pentingnya menghemat energi agar bisa dinikmati untuk masa mendatang.
4. Jenis iklan berdasarkan media penggunaannya
a. Iklan cetak
Iklan cetak merupakan jenis iklan yang pembuatan dilakukan dengan memakai tehnik cetak serta penempatan iklan Ini dilakukan di media datar, contoh iklan cetak adalah iklan yang ada pada sebuah berita koran, pada spanduk-spanduk, poster-poster serta majalah.
b. Iklan elektronik
Iklan elektronik merupakan jenis iklan yang penayangannya dilakukan di perangkat-perangkat elektronik.
5. Fungsi iklan
a. Memberikan informasi
Periklanan dapat memberitahukan pasar mengenai sebuah produk baru serta perubahan harga, menyusulkan kegunaan sebuah produk baru menjelaskan cara kerja, serta membangun citra perusahaan.
b. Membujuk
Iklan Bertujuan Membujuk pembeli agar segera membeli produk yang di iklankan.
c. Mengingatkan
Iklan melindungi supaya merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen serta meningkatkan minat konsumen pada merek yang sudah ada.
Iklan tidak hanya merupakan bagian dari industri berskala besar. Dewasa ini, iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan- kepentingan di bawah ini.
a. Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjeal barang dan jasa
b. Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan
c. Bagi pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat
d. Bagi perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi
Daftar tentang fungsi iklan semakin hari semakin banyak, bertambah hari bertambah luas jaringannya. Hal itu seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan keperluan hidup warga masyarakat itu sendiri. Namun, dari sekian fungsinya itu, iklan memiliki kesamaan umum, yakni sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang bersifat komersial, sosial, maupun pribadi. Keberagaman itu muncul pula pada bentuk dan teknik penyajiannya. Oleh karena itu, terdapat istilah slogan dan poster.
Iklan Sloga Poster
a. Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata. Berikut contoh kalimat yang digunakan dalam slogan.
1) Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan antarsesama.)
2) Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan tentang perlunya persatuan dan kesatuan.)
3) Tiada hari tanpa prestasi. (Slogan tentang pentingnya mengukir prestasi setiap hari.)
b. Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap. Berikut contoh poster dalam bentuk gambar
(sumber: setia1teri.com)
Tampak pada contoh itu bahwa dalam hal bentuk, poster tidak jauh berbeda dengan iklan. Isinya mengandung pesan kepada khalayak. Namun, poster lebih tertuju pada tempat pemasangannya di ruang-ruang terbuka. Misalnya, dinding-dinding aula, tembok-tembok pasar, dan tempat-tempat umum lainnya.
6. Unsur-unsur iklan, solgan, atau poster
Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.
a. Iklan merupakan teks persuasif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara
b. Slogan merupakan teks persuasif yang mengutamakan unsur kata-kata
c. Poster merupakan teks persuasif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata dan biasanya dipajang di tempat umum.
Penjelasan mengenai iklan,slogan, atau poster dapat kalian lihat pada tabel berikut.
Bentuk Teks |
Unsur-unsur |
|||
Gambar |
Kata-kata |
Gerak |
Suara |
|
a. Iklan |
ada |
ada |
ada |
ada |
b. Slogan |
- |
ada |
- |
ada |
c. Poster |
ada |
ada |
- |
- |
B. Menyimpulkan Informasi dan Pesan dalam Iklan
Setelah mempelajari materi ini, kalian diharapkan mampu:
1. Menjelaskan kembali unsur-unsur pembentuk iklan
2. Menyimpulkan informasi, pesan, ajakan di dalam iklan
1. Unsur-unsur Pembentuk Iklan
Pada pelajaran sebelumnya, kamu sudah mempelajari pengertian dan karakteristik iklan. Bahkan, kamu lebih memahami perbedaan iklan dengan slogan dan poster. Adapun maksud iklan itu sendiri dapat kamu pahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.
a. Sumber adalah pemasangan iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.
b. Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.
c. Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.
d. Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
e. Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
f. Umpan balik adalah tanggapan,
reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan
membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba
2. Menyimpulkan Maksud Suatu Iklan
Pola penyajian dan isi iklan sangatlah beragam. Berdasarkan isinya, seperti yang telah kamu pelajari pada bahasan terdahulu, ada iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Klasifikasi periklanan lainnya sebagai berikut.
a. Iklan strategis, digunakan untuk membangun merek maupun citra positif suatau perusahaan.
b. Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segara melakukan respons dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respons pada hari yang sama.
Iklan dapat kamu baca dan lihat di semua tempat. Seakan-akan iklan mengikuti ke mana saja kamu pergi sepanjang hari. Di rumah, di jalanan, di pasar, di sekolah, dan di tempat-tempat lainnya kamu selalu bertemu iklan. Iklan telah mengepungmu dari berbagai penjuru dan sepanjang waktu. Iklan memungkinkan untuk mampu menembus hampir semua celah kehidupan setiap orang. Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk. Iklan juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat. Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.
a. Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang mereka peroleh
b. Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, teknik-teknik mencapai sukses
Perhatikan berikut ini!
Teks di atas sudah memenuhi kriteria sebagai sebuah iklan atau poster. Hal ini tampak dari fungsinya untuk menyampaikan pesan kepada khalayak. Dari bahasanya pun terlihat, yakni kata-katanya sederhana, mudah diingat, dan cenderung persuasif. Hanya saja teks tersebut tidak seperti halnya iklan pada umumnya yang bersifat komersial dan mendorong khalayak untuk membeli suatu produk.
Teks tersebut termasuk ke dalam kategori iklan atau poster informasional. Teks tersebut bertujuan memberi tahu khayalak bahwa bermain di luar lebih baik, asyik, dan menyehatkan. Respons yang diharapkan berupa tindakan para remaja untuk memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai arena bermain dari pada menghabiskan waktu dengan menonton televisi, membaca komik, atau bermain video game.
Perhatikan kegiatan pada tabel pemaknaan dari iklan berikut!
Iklan |
Pemaknaan |
(sumber: www.bacadunia.com) |
Jadikanlah kegiatan membaca sebagai sebuah kebiasaan karena dengan membaca kita dapat menemukan informasi dari seluruh dunia. |
(sumber: www.bahasa.com) |
Makna dari gambar disamping adalah kita harus bisa melestarikan bahasa dari orang tua kita yaitu bahasa Ibu. |
(sumber: www.pulsk.com) |
Makna dari gambar di samping adalah pihak agen pos memberikan jasa gratis jempu kiriman paket bagi orang yang akan menggunakan jasa pos untuk pengiriman barang. |
3. Menceritakan Kembali Teks Iklan
Dibandingkan
dengan teks lain,
iklan merupakan teks
yang ringkas. Hal itu terkait dengan ruang yang diperlukan dan
biaya yang harus dikeluarkan. Semakin luas ruang
yang diperlukan untuk
penayangannya, semakin besar biayanya. Oleh karena itu,
kata-kata dalam iklan harus diperhitungkan keefektifannya. Hindarilah kata-kata ataupun ilustrasi yang tidak perlu sebab akan menghabiskan
biaya lebih besar. Materi iklan yang
berlebihan justru akan mengganggu keefektifan pesan itu sendiri. Khalayak
cenderung tidak menyukai sajian seperti itu karena terkesan mengguriu
Iklan |
Menceritakan Kembali |
(www.ruangguru.co.id) |
Gambar di samping mengajarkan kita untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun agar tangan kita menjadi bersih dari kotoran dan virus. Mulai sekarang selalu cuci tangan pakai sabun. |
(www.ruangguru.co.id)
|
Gambar di samping mengajarkan kita untuk terus belajar tanpa mengenal putus asa. Kita tahu bahwa dalam belajar kita sering dihadapkan dengan banyak permasalahan. Jadikan itu sebagai semangat kita untuk terus belajar dan tidak putus asa. |
(www.ruangguru.co.id) |
Gambar di samping mengajarkan kita bahwa rokok bukanlah suatu aktivitas yang bisa membuat kita ceria. Tanpa merokok hidup kita lebih tenang dan pastinya lebih sehat. |
SUMBER
Harsiati, Titik. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
https://dunia.pendidikan.co.id/apa-itu-iklan/
Setelah kalian pelajari materi yang sudah bapak buat. Kalian boleh mengakses soal evaluasi mengenai materi ini yang sudah bapak sediakan. Silahkan kalian kerjakan soal di google form berikut!