SMP Kelas VIII Semester Ganjil KD 3.3 Mengidentifikasi Informasi Teks Iklan, Slogan, atau Poster

 

BAB II

Iklan, Sarana Komunikasi

 

(sumber: www.techno.id)

KOMPETENSI DASAR

3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

Dalam bab sebelumnya, kita sudah mendalami teks berita dari berbagai media. Ketika mengikuti berita, baik itu melalui media cetak maupun elektronik, kita tidak bisa lepas dari yang namanya iklan. Beragam iklan dapat kita saksikan hampir setiap saat. Tujuannya untuk membujuk dan memengaruhi pembaca atau pendengar untuk berbuat sesuai dengan yang dikehendaki iklan itu.

Sebagaimana yang dapat kamu baca di surat kabar ataupun kamu tonton di layar televisi dan di internet, tidak sedikit iklan yang susah dipahami artinya. Dengan cara berdiskusi, kita bisa memberikan pendapat dan tafsiran tentang hal-hal yang tidak kamu pahami.

Iklan merupakan salah bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kamu sebagai anggota masyarakat terbujuk untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu.

A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

       Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu :

        Menjelaskan pengertian, fungsi, serta mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan, slogan, atau            poster dari berbagai sumber.

1.    Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster

Perhatikanlah teks berikut!

(sumber: aboutme.blogspot.com)

Kamu sudah memaklumi bahwa teks di atas disebut  iklan. Teks tersebut bermaksud mengajak para pelajar dan masyarakat pada umumnya untuk lebih gemar membaca guna meraih prestasi. Dengan iklan tersebut, diharapkan khalayak dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana pengembangan kecerdasan dan pemberdayaan bangsa.

Dengan karakteristik seperti itu, iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Unsur yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata atau suara.

2. Ciri-ciri Iklan 

     a.      Komunikatif

            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Komunikatif Maksudnya ialah keadaan saling Atau bisa berhubungan (mudah dihubungi) dengan Produk atau Jasa Yang Di Iklankan mesti mudah dipahami dan dimengerti Oleh masyarakat.

      b..      Informatif

Informatif maksudnya bersifat memberi informasi Iklan harus Menerangkan mengenai Produk Atau Jasa Yang Di-Iklankan.

      c.     Menarik

       Menarik maksudnya bisa Mempengaruhi atau Memberi Rangsangan Tertentu kepada Banyak Orang Sehingga Orang itu mau Mencoba dan memiliki Apa yang Ada Pada Iklan itu.

      d.       Bahasa mudah dimengerti

    Iklan mesti memakai Bahasa Yang Mudah pahami dan Di Mengerti sebab Memang Iklan Sendiri Tujuannya supaya Orang Ingin dan Mau Mencoba serta memakai Produk atau Jasa Yang Diiklankan.

      e.     Bersifat mengajak

    Bersifat Mengajak maksudnya Iklan yang mesti mempunyai Sifat-Sifat Mengajak Di Sela Kata-katanya Ini Bertujuan supaya dapat Menarik simpatik Banyak Orang Untuk Mencoba serta memakai Apa yang Diiklankan.

 

               3. Jenis-jenis Iklan berdasarkan Isinya

             a.      Iklan pengumuman (pemberitahuan)

                          Iklan penguman adalah iklan yang bertujuan guna menarik simpatik 

                          masyarakat tentang sebuah hal pemberitahuan. Misalnya : iklan duka cita dan

                          iklan reuni alumni sekolah

                    b.     Iklan Penawaran (Niaga)

                          Iklan penawaran adalah iklan yang bertujuan guna menarik simpatik

                          atau jasa kepada masyarakat. Berikut adalah contohnya:Iklan penawaran 

                          barang (produk), contohnya iklan sepatu, pakaian, handphone, motor, dan                                  lain-lain. Penawaran jasa, contohnya iklan jasa ojek online iklan klinik,

                          iklan jasa   pengantaran barang dan lain-lain.   

c.      Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk memberikan pencerahan tentang sesuatu hal. Biasanya iklan jenis ini disampaikan oleh instansi atau lembaga pemerintah dan organisasi non-profit contohnya lembaga swadaya masyarakat. Iklan layanan masyarakat dirancang supaya masyarakat memiliki kesadaran pada sebuah hal tertentu. Misalnya, pentingnya menghemat energi agar bisa dinikmati untuk masa mendatang.

                  4. Jenis Iklan Berdasarkan Media Penggunaan Iklan

a. Iklan Cetak

Iklan cetak merupakan Jenis Iklan yang Pembuatan Dilakukan Dengan memakai Tehnik Cetak serta Penempatan Iklan Ini Dilakukan Di Media Datar, Contoh Iklan Cetak adalah Iklan yang ada Pada sebuah Berita Koran, Pada Spanduk-Spanduk, Poster-Poster serta Majalah.

b. Iklan Elektronik

Iklan Elektronik merupakan Jenis Iklan Yang Penayangannya Dilakukan Di Perangkat-Perangkat Elektronik.

5. Fungsi dan Tujuan Iklan                                              

a. Memberikan Informasi

    Periklanan dapat memberitahukan pasar mengenai sebuah produk baru serta perubahan harga, menyusulkan kegunaan sebuah produk baru menjelaskan cara kerja, serta membangun citra perusahaan.

b. Membujuk

Iklan Bertujuan Membujuk pembeli agar segera membeli produk yang di iklankan.

c.       Mengingatkan

Iklan melindungi supaya merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen serta meningkatkan minat konsumen pada merek yang sudah ada.

Iklan tidak hanya merupakan bagian dari industri berskala besar. Dewasa ini, iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan- kepentingan di bawah ini.

a.         Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.

b.         Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.

c.         Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

d.        Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.

Daftar tentang fungsi iklan semakin hari semakin banyak, bertambah hari bertambah luas jaringannya. Hal itu seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan keperluan hidup warga masyarakat itu sendiri. Namun, dari sekian fungsinya itu, iklan memiliki kesamaan umum, yakni sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang bersifat komersial, sosial, maupun pribadi.

Keberagaman itu muncul pula pada bentuk dan teknik penyajiannya. Oleh karena itu, terdapat istilah slogan dan poster.Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.Contoh:

Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan antarsesama.)

Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan tentang perlunya persatuan dan kesatuan.)

Tiada hari tanpa prestasi. (Slogan tentang pentingnya mengukir prestasi setiap hari.)

Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap.

Contoh gambar poster

(sumber: setia1teri.com)

                                                                                                                                   Tampak pada contoh itu bahwa dalam hal bentuk, poster tidak jauh berbeda dengan iklan. Isinya mengandung pesan kepada khalayak. Namun, poster lebih tertuju pada tempat pemasangannya di ruang-ruang terbuka. Misalnya, dinding-dinding aula, tembok-tembok pasar, dan tempat-tempat umum lainnya.

6. Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.

a.         Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan                               kata-kata, unsur gerak, dan suara.

b.         Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata.

c.         Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan                                                     kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.

Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah tabel berikut!


Bentuk Teks

Unsur-unsur

Gambar

Kata-kata

Gerak

Suara

a. Iklan

ü

ü

ü

ü

b. Slogan

-

ü

-

ü

c. Poster

ü

ü

-

-


Jika ada yang belum dimengerti silahkan ditanyakan pada kolom komentar di bawah ini


Tetap semangat belajar meskipun kita sedang dilanda oleh pandemi Covid-19.

Gunawan Kardi, S.Pd. 

SUMBER

Harsiati, Titik. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

https://dunia.pendidikan.co.id/apa-itu-iklan/


4 Komentar

  1. Maksudnya di gimanain buk/pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca materi ini, Senin depan tanggal 14 September 2020 akan ada soal evaluasi mengenai materi hari ini.

      Hapus
  2. selamat pagi anak-anak, bapak harapkan ketika kalian memberikan tanggapan jangan lupa tuliskan nama dan kelasnya

    BalasHapus
  3. Pelajarai materi yang Bapak dan Ibu berikan di blog ini, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik menu komentar.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama