BAB II
Iklan, Sarana Komunikasi
(sumber: www.techno.id)
KOMPETENSI
DASAR
3.3 Mengidentifikasi
informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi)
dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
Dalam bab sebelumnya, kita
sudah mendalami teks
berita dari berbagai media. Ketika mengikuti berita, baik itu melalui media
cetak maupun elektronik, kita tidak bisa lepas
dari yang namanya iklan. Beragam iklan dapat kita saksikan hampir setiap saat. Tujuannya untuk membujuk dan memengaruhi pembaca
atau pendengar untuk berbuat
sesuai dengan yang dikehendaki iklan itu.
Sebagaimana yang dapat kamu baca di surat kabar ataupun kamu tonton di layar televisi dan di internet, tidak sedikit iklan yang susah dipahami artinya. Dengan cara berdiskusi, kita bisa memberikan pendapat dan tafsiran tentang hal-hal yang tidak kamu pahami.
Iklan merupakan salah bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kamu sebagai anggota masyarakat terbujuk untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu.
A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster
Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu :
Menjelaskan pengertian, fungsi, serta mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber.
1. Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster
Perhatikanlah
teks berikut!
(sumber: aboutme.blogspot.com)
Kamu sudah memaklumi bahwa teks di atas disebut iklan. Teks tersebut bermaksud mengajak para pelajar dan masyarakat pada umumnya untuk lebih gemar membaca guna meraih prestasi. Dengan iklan tersebut, diharapkan khalayak dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana pengembangan kecerdasan dan pemberdayaan bangsa.
Dengan karakteristik seperti itu, iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Unsur yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata atau suara.
2. Ciri-ciri Iklan
a. Komunikatif
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Komunikatif Maksudnya ialah keadaan saling Atau bisa berhubungan (mudah dihubungi) dengan Produk atau Jasa Yang Di Iklankan mesti mudah dipahami dan dimengerti Oleh masyarakat.
b.. Informatif
Informatif maksudnya bersifat memberi informasi Iklan harus
Menerangkan mengenai Produk Atau Jasa Yang Di-Iklankan.
c. Menarik
Menarik maksudnya bisa Mempengaruhi atau Memberi Rangsangan
Tertentu kepada Banyak Orang Sehingga Orang itu mau Mencoba dan memiliki Apa
yang Ada Pada Iklan itu.
d. Bahasa mudah dimengerti
Iklan mesti memakai Bahasa Yang Mudah pahami dan Di Mengerti
sebab Memang Iklan Sendiri Tujuannya supaya Orang Ingin dan Mau Mencoba serta
memakai Produk atau Jasa Yang Diiklankan.
e. Bersifat mengajak
Bersifat Mengajak maksudnya Iklan yang mesti mempunyai
Sifat-Sifat Mengajak Di Sela Kata-katanya Ini Bertujuan supaya dapat Menarik
simpatik Banyak Orang Untuk Mencoba serta memakai Apa yang Diiklankan.
3. Jenis-jenis Iklan berdasarkan Isinya
a. Iklan pengumuman (pemberitahuan)
Iklan penguman adalah iklan yang bertujuan guna menarik simpatik
masyarakat tentang sebuah hal pemberitahuan. Misalnya : iklan duka cita dan
iklan reuni alumni sekolah
b. Iklan Penawaran (Niaga)
Iklan penawaran adalah iklan yang bertujuan guna menarik simpatik
atau jasa kepada masyarakat. Berikut adalah contohnya:Iklan penawaran
barang (produk), contohnya iklan sepatu, pakaian, handphone, motor, dan lain-lain. Penawaran jasa, contohnya iklan jasa ojek online iklan klinik,
iklan jasa pengantaran barang dan lain-lain.
c.
Iklan
Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat
adalah jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk memberikan pencerahan tentang
sesuatu hal. Biasanya iklan jenis ini disampaikan oleh instansi atau lembaga pemerintah
dan organisasi non-profit contohnya lembaga swadaya masyarakat. Iklan layanan
masyarakat dirancang supaya masyarakat memiliki kesadaran pada sebuah hal
tertentu. Misalnya, pentingnya menghemat energi agar bisa dinikmati untuk masa
mendatang.
4. Jenis Iklan Berdasarkan
Media Penggunaan Iklan
a. Iklan Cetak
Iklan cetak merupakan Jenis
Iklan yang Pembuatan Dilakukan Dengan memakai Tehnik Cetak serta Penempatan
Iklan Ini Dilakukan Di Media Datar, Contoh Iklan Cetak adalah Iklan yang ada
Pada sebuah Berita Koran, Pada Spanduk-Spanduk, Poster-Poster serta Majalah.
b. Iklan Elektronik
Iklan Elektronik merupakan Jenis Iklan Yang Penayangannya Dilakukan Di Perangkat-Perangkat Elektronik.
5. Fungsi dan Tujuan Iklan
a. Memberikan Informasi
Periklanan dapat
memberitahukan pasar mengenai sebuah produk baru serta perubahan harga,
menyusulkan kegunaan sebuah produk baru menjelaskan cara kerja, serta membangun
citra perusahaan.
b. Membujuk
Iklan Bertujuan Membujuk
pembeli agar segera membeli produk yang di iklankan.
c.
Mengingatkan
Iklan melindungi supaya merek
perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen serta meningkatkan minat
konsumen pada merek yang sudah ada.
Iklan tidak hanya merupakan bagian dari industri
berskala besar.
Dewasa ini,
iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan- kepentingan di bawah ini.
a.
Bagi
perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang
dan jasa.
b. Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.
c. Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
d. Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.
Daftar
tentang fungsi iklan semakin hari semakin banyak, bertambah hari bertambah luas jaringannya. Hal itu seiring
dengan kemajuan teknologi komunikasi dan keperluan hidup warga
masyarakat itu sendiri. Namun, dari
sekian fungsinya itu, iklan memiliki
kesamaan umum, yakni
sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang bersifat komersial, sosial, maupun pribadi.
Keberagaman itu muncul pula pada bentuk dan teknik penyajiannya. Oleh karena itu, terdapat istilah slogan dan poster.Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.Contoh:
Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan antarsesama.)
Bersatu kita teguh,
bercerai kita runtuh.
(Slogan tentang
perlunya persatuan dan kesatuan.)
Tiada
hari tanpa prestasi. (Slogan
tentang pentingnya mengukir prestasi setiap hari.)
Poster adalah
plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat-
tempat umum. Poster hampir sama
dengan iklan, yakni
pemberitahuan suatu ide,
hal baru, atau hal penting kepada
khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster
lazimnya dipasang di tempat-
tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan
ataupun slogan
dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik,
dan lengkap.
Contoh gambar poster
(sumber: setia1teri.com)
Tampak pada contoh itu bahwa dalam hal bentuk, poster tidak jauh berbeda dengan iklan. Isinya mengandung pesan kepada khalayak. Namun, poster lebih tertuju pada tempat pemasangannya di ruang-ruang terbuka. Misalnya, dinding-dinding aula, tembok-tembok pasar, dan tempat-tempat umum lainnya.
6. Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster
Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.
a. Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.
b. Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata.
c. Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.
Untuk
lebih jelasnya, perhatikanlah tabel berikut!
Bentuk
Teks
Unsur-unsur
Gambar
Kata-kata
Gerak
Suara
a. Iklan
ü
ü
ü
ü
b. Slogan
-
ü
-
ü
c. Poster
ü
ü
-
-
Bentuk
Teks
Unsur-unsur
Gambar
Kata-kata
Gerak
Suara
a. Iklan
ü
ü
ü
ü
b. Slogan
-
ü
-
ü
c. Poster
ü
ü
-
-
Jika ada yang belum dimengerti silahkan ditanyakan pada kolom komentar di bawah ini
Tetap semangat belajar meskipun kita sedang dilanda
oleh pandemi Covid-19.
Gunawan Kardi, S.Pd.
SUMBER
Harsiati,
Titik. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
https://dunia.pendidikan.co.id/apa-itu-iklan/
Maksudnya di gimanain buk/pak
BalasHapusBaca materi ini, Senin depan tanggal 14 September 2020 akan ada soal evaluasi mengenai materi hari ini.
Hapusselamat pagi anak-anak, bapak harapkan ketika kalian memberikan tanggapan jangan lupa tuliskan nama dan kelasnya
BalasHapusPelajarai materi yang Bapak dan Ibu berikan di blog ini, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik menu komentar.
BalasHapus