PENTINGNYA PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL DITERAPKAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN


A.      PENDAHULUAN

Pembelajaran sosial emosional adalah proses pemerolehan pngetahuan, sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk memahami dan mengelola emosi. Pembelajaran sosial emosional bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan sosial, meningkatkan kinerja akademis peserta didik dan meningkatkan kesejahteraan peserta didik secara keseluruhan. Pembelajaran sosial emosionalini juga berperan penting untuk meningkatkan kesejahteraan mental peserta didik.

B.       PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

 Zins 2004 mendefinisikan pembelajaran sosial emosional sebagai proses kita belajar mengenali dan mengelola emosi, peduli terhadap orang lain, mengambil keputusan yang baik, berperilaku etis dan bertanggung jawab, membina hubungan positif, dan menghindari perilaku negatif. Definisi ini menekankan pada hasil nyata dari pembelajaran sosial emosional dalam perilaku sehari-hari

 Meskipun Daniel Goleman dikenal dengan teori Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence/EI) dan Kecerdasan Sosial (Social Intelligence/SI), karyanya menjadi landasan penting bagi pengembangan pembelajaran sosial emosional. Goleman menekankan bahwa kecerdasan emosional dan sosial sangat penting untuk kesuksesan hidup, bahkan lebih dari sekadar kecerdasan kognitif. Pembelajaran sosial emosional merupakan pengembangan dari teori kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman.

 Menurut Elia et al. (Marc A. Brackett & Susan E. Rivers, 2012) mengacu pada proses pengintegrasian pemikiran, perasaan, dan perilaku untuk menjadi sadar akan diri sendiri dan orang lain, membuat keputusan yang bertanggung jawab, serta mengelola perilaku diri sendiri dan perilaku orang lain. Definisi ini menyoroti aspek integrasi antara kognisi, emosi, dan tindakan.

Secara umum, para ahli sepakat bahwa pembelajaran sosial emosional sangat penting untuk perkembangan holistik peserta didik, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga dalam aspek kehidupan pribadi dan sosial mereka. Pembelajaran ini membantu individu menjadi pribadi yang lebih adaptif, empatik, dan bertanggung jawab.

 

C.      MENGAPA PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL PENTING?

Pembelajaran sosial emosional sangat penting terutama bagi anak-anak atau peserta didik untuk mengembangkan keterampilan yang berguna untuk kehidupan sehari-hari bahkan untuk masa depan, diantaranya:

a.      Peningkatan Prestasi Akademik

Program SEL dapat meningkatkan kinerja akademis dengan mengajarkan anak-anak kesadaran diri, pengaturan diri, dan keterampilan lain yang membantu mereka fokus dan belajar lebih efektif.

                b.     Peningkatan Kecerdasan Emosional

Peserta didik yang berpartisipasi dalam program belajar mengidentifikasi dan mengelola emosi mereka, yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

c.      Keterampilan Sosial yang Lebih Baik

Anak-anak diajarkan cara membangun hubungan positif dengan orang lain, bekerja sama, dan menyelesaikan konflik secara damai.

               d.     Peningkatan Kesehatan Mental

Program pembelajaran sosial emosional dapat membantu anak mengembangkan keterampilan mengatasi masalah dan ketahanan, yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan hasil kesehatan mental.

Pembelajaran sosial emosional juga dapat membatu peserta didik mengenali diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitarnya dengan cara:

a.      Mengelola emosi

               b.     Membangun hubungan yang positif

c.      Membuat keputusan yang bertanggung jawab

d.     Mengatasi konflik hingga menemukan solusi

D.      KONSEP PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

    a.      Kesadaran diri, untuk mengetahui kemampuan mengenal emosi dan pemahaman bagaiamana emosi seseorang yang mempengaruhi perilaku dan pikiran.

                b.     Pengelolaan diri, untuk mengelola emosi dan perilaku seperti mengatasi stres.

c.      Kesadaran sosial, untukmemahami empati terhadaporanglain.

d.     Keterampilan hubungan, untuk mempertahankan hubungan yang baik dan sehat serta saling mendukung satu sama lain.

               e.      Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, untuk membuat pilihan berdasarkan pilihan yang diambil.

E.       TUJUAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

a.      Membantu peserta didik mengenali dan memahami emosinya sendiri serta mengajrkan mengelola emosi yang efektif.

b.     Mendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan iterpersonal, seperti simpatik, komunikasi yang positif, dan saling mendukung dengan teman sebaya.

c.      Melatih untuk mengambil keputusan yang bertanggungjawab sesuai dengan pertimbangan.

                     d.     Mengurangi beresiko perilaku yang negatif

      e.      Meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran

      f.      Membangun budaya sekolah yang inklusif, aman dan tentram.

F.       REFLEKSI

Setelah menyelami pembelajaran sosial emosional (PSE) dan secara konsisten menerapkannya dalam dinamika kelas, saya sungguh meyakini bahwa pendekatan ini adalah kunci vital dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Salah satu perubahan paling mencolok yang saya amati adalah bagaimana siswa mulai merasakan kebahagiaan dan kepercayaan diri yang mendalam dalam setiap tugas yang mereka kerjakan. Ketakutan akan kesalahan atau bayang-bayang nilai rendah seolah sirna, digantikan oleh keberanian untuk mengeksplorasi dan berkreasi. Mereka tidak lagi ragu-ragu, melainkan tampil dengan penuh keyakinan pada hasil belajar mereka di kelas.

Lebih dari sekadar keberanian individu, penerapan PSE juga menciptakan lingkungan diskusi yang sangat kondusif antara siswa dan guru. Mereka merasa leluasa untuk bertanya, berpendapat, dan bahkan berdebat secara konstruktif, tanpa beban kecanggungan atau rasa takut dihakimi. Ini semua berkat terbangunnya hubungan yang kuat dan positif antara guru dengan peserta didik, di mana komunikasi dua arah mengalir lancar dan saling menghargai.

Tidak berhenti di situ, proses pembelajaran di kelas juga secara organik mengajarkan mereka untuk berbagi ilmu dan berkolaborasi satu sama lain. Melalui interaksi ini, saya melihat bagaimana ikatan antar siswa semakin erat dan harmonis, yang pada akhirnya menjadi fondasi kokoh bagi kelancaran proses belajar mengajar. Ketika siswa merasa nyaman dan didukung oleh teman-temannya, belajar menjadi sebuah petualangan yang menyenangkan.

Selanjutnya saya berdiskusi dengan rekan sejawat tentang proses pembelajarn sosial emosiaonal yang diterapkan pada saat pembelajaran mereka sangat antusias ingin mencoba untuk menerapkannya dikelas mereka masing-masing karena ini sangat efektif jika diimplementasikan pada saat pembelajarn di kelas.




 

4 Komentar

  1. Materi disampaikan sangat lengkap yaitu mengenai pembelajaran sosial emosional. Isi yang disampaikan bisa dijadikan contoh untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

    BalasHapus
  2. Materi yang sangat bermanfaat. Dalam pembelajaran yg saling berkolaborasi fan memberikan manfaat bagi peserta didik

    BalasHapus
  3. Materi yang sangat bagus ,memberikan manfaat kepada peserta didik dan teman sejawat

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama